Setelah Mengunjungi Papua, Jokowi Kunjungi Korban Gempa Maluku - Kinder Krazy

Wednesday, November 6, 2019

Setelah Mengunjungi Papua, Jokowi Kunjungi Korban Gempa Maluku


Usai mengunjungi Papua akhir pekan lalu, berita terkini Presiden Jokowi meninjau posko pengungsi pasca gempa Ambon. Kunjungan tersebut dilakukan di Universitas Darussalam Kecamatan Tulehu, Kabupaten Maluku Tengah.

Ingatkan Indonesia Merupakan Kawasan Rawan Bencana

Dalam kunjungan yang dilangsungkan pada Selasa (29/10/2019) tersebut, Presiden Joko Widodo ditemani oleh ibu negara, Iriana Joko Widodo beserta pejabat terkait. Presiden mengunjungi korban gempa sekaligus berdialog untuk menyampaikan besaran santunan yang akan diterima oleh para korban gempa. Dialog tersebut dilakukan setelah Jokowi bersama rombongan meninjau tenda pengungsian dan rumah sakit darurat Dr. Ishak Umarela.

Presiden Jokowi juga menyampaikan bahwa negara Indonesia berada di wilayah cincin api (ring of fire) sehingga rawan terhadap bencana gempa bumi dan tsunami. Itu artinya potensi gempa dan tsunami tak hanya mengancam kawasan Maluku Tengah saja, tapi juga kawasan lainnya. Sejarah mencatat, gempa juga terjadi di Aceh, Yogyakarta, Bengkulu, Nusa Tenggara Barat, Padang, Palu dan Donggal. Kondisi ini membuat masyarakat Indonesia harus siap untuk menghadapi potensi gempa di masa mendatang.

Lebih dari 12 Ribu Rumah Rusak Akibat Gempa


Menurut laporan, setidaknya ada sekitar 12.137 unit rumah yang rusak akibat gempa bermagnitudo 6,5 SR yang mengguncang kawasan Maluku pada 26 September 2019 lalu. Rincian kerusakan yang dialami warga yakni 6.108 unit rumah rusak ringan, 3.317 unit rumah rusak sedang dan 2.712 unit rumah rusak berat. Pemerintah sudah menyiapkan anggaran di Kementerian PUPR dan BNPB untuk perbaikan rumah warga yang akan dicairkan 6 bulan setelah gempa.

Besaran bantuan untuk perbaikan rumah warga tersebut nantinya sebesar Rp. 10 juta untuk rumah yang rusak ringan, Rp. 25 juta untuk rumah rusak sedang dan Rp. 50 juta untuk rumah rusak berat. Jumlah nilai santunan tersebut sama seperti yang diberikan untuk korban gempa di kawasan lainnya. Besaran santunan tersebut dinilai belum tentu mampu menutup semua kerugian yang dialami korban. Namun, diharapkan bisa dipakai untuk membangun rumah sesuai dengan konsep tahan gempa.

Jokowi meminta agar jajaran pemerintahan daerah seperti lurah dan camat turut serta memantau dan mengawasi alokasi anggaran pemberian santunan tersebut. Hal ini mengingat dana santunan akan diberikan kepada masyarakat terdampak gempa secara langsung. Sementara untuk proses pembangunan konstruksi rumah warga nantinya akan diarahkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Setelah meninjau korban gempa di Maluku, berita terkini Presiden Jokowi dan rombongan langsung menuju ke Bandar Udara pattimura, Kota Ambon. Perjalanan kunjungan kerja kemudian dilanjutkan menuju ke Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah. Setibanya di Kota Palu, Presiden diagendakan meninjau lokasi hunian tetap Duyu di Kecamatan Tatanga. Presiden juga meninjau lokasi hunian tetap Tondo di Kecamatan Mantikurore, kemudian Presiden Jokowi dan Ibu Iriana kembali ke Jakarta.

No comments: